spot_img
Friday, June 14, 2024
spot_img
HomeSukabumiTetap Semangat Polisi Beserta Para Pedagang Membersihkan pantai IP Palabuhanratu Dari...

Tetap Semangat Polisi Beserta Para Pedagang Membersihkan pantai IP Palabuhanratu Dari Sampah Bikin Pengunjung Lebih Aman Dan Nyaman

-

Sukabumi Kabupaten,Bossnewsmedia.com – Patut di jadikan contoh kebersihan di sekitar pantai Istana Presiden (IP) selama liburan panjang Lebaran Dan liburan anak sekolah buat pengunjung nyaman dan aman.

 

Para pelaku usaha ( pedagang),petugas parkir dan petugas Keamanan yang selalu berjaga di sekitaran lokasi wisata  pantai IP bekerjasama dan bergotong-royong dalam menjaga kebersihan dan keamanan serta kenyamanan bagi para pengunjung, itu di buktikan dengan kegiatan bersih-bersih pantai dari sampah di sekitar pantai IP pada hari ini.

Minggu, ( 30/4/23).

Kegiatan tersebut juga mendapat tanggapan yang positif dari para pengunjung salah satunya pengunjung yang datang dari ibu kota   Jakarta.

Devi Pengunjung asal jakarta yang datang bersama keluarga besarnya merasa puas bisa menikmati suasana di pantai Istana Presiden (IP) Palabuhanratu yang asri dan bersih

“Saya ke sini bersama saudara dan berangkat dari jakarta dari jam 4 Subuh.saya penasaran dengan pantai di palabuhanratu yang kebetulan juga jarak dari Jakarta tidak terlalu jauh,”papar Devi.

“Saya senang bisa berwisata di pantai IP ini dan saya baru pertama kali datang ke pantai ini ,suasananya lumayan bagus,udara masih terasa segar serta pantainya asri dan bersih  bagus enak buat berenang dan berphoto selfi apalagi ada karang karang yang cantik,”ujarnya lagi.

Tadi pas masuk ke dalam kawasan IP ini merasa nyaman dengan keramahan petugas parkirnya, masuk juga gratis,parkiran tidak  di tarif seiklasnya dan makanan yang ada di warung di sini sangat terjangkau dan murah, pokonya saya puas sekali.”pungkas Devi.

Kepada Awak media Rusdian selaku pengurus dan pengelola petugas parkir di lokasi pantai IP yang setiap hari ada di lokasi juga memaparkan sejarah pantai Istana Presiden atau terkenalnya pantai IP.

“Kalau tidak salah pantai IP sudah mulai ramai di kunjungi wisatawan mulai tahun 2011 awal mulanya di kelola oleh warga masyarakat setempat kemudian ada dukungan dari pihak pemerintah terutama pemerintah setempat sehingga ada penataan dan pembangunan buat taman dan parkir,untuk nama IP itu sendiri karena tidak jauh beberapa puluh meter dari sini itu lokasi Pesanggrahan Istana Presiden makanya  dikenallah dengan nama pantai IP,”terangnya.

“Alhamdulillah sekarang pantai IP sudah terkenal dan banyak pengunjungnya dan saya juga ucapkan terimakasih kepada para awak media yang selalu membantu mempublikasikan lokasi pantai IP ini,”ucap Rusdian.

“Untuk pengelolaan kebersihan dan keamanan kita selalu bekerjasama dengan para pedagang ,serta pengelola parkir serta di bantu oleh petugas keamanan yang ada seperti tadi kita melaksanakan operasi bersih-bersih pantai kemudian sampahnya langsung di bawa oleh mobil dari petugas kebersihan DLHK kabupaten Sukabumi,”paparnya.

“Untuk parkir tidak dikenakan tarif tertentu tapi seiklasnya dan Alhamdulillah aman sampai saat ini tidak ada yang merasa kehilangan kendaraan karena pihak keamanan terutama dari polsek selalu membantu,”pungkas Rusdian.

Ditempat yang sama Jasmin selaku tokoh pemuda dan aktifis setempat menyayangkan pihak pemerintah terutama pihak dari kecamatan palabuhanratu kurang memperhatikan lokasi wisata pantai IP ini dan selama liburan panjang sekarang tidak pernah ada berkunjung memonitor secara langsung,”Ujar Jasmin.

“Jadi kami di sini berbicara satu kata sesuai dengan yang dikatakan tadi oleh pak Rusdian bahwa kami di sini memohon adanya pembenahan di lokasi pantai IP sebagai tempat wisata,jadi kami memohon khususnya pada pak camat Palabuhanratu dan Dinas Pariwisata supaya secepatnya ada pembenahan secara infrastruktur,” jelasnya.

“Selama ini tidak ada keluhan-keluhan cuma kita  berharap adanya penataan dan perbaikan lokasi di sini,biar pengunjung merasa lebih nyaman.sampai saat ini dari mulai lebaran belum ada kunjungan dari para pejabat terkait terutama Camat Palabuhanratu dany kadis pariwisata kabupaten Sukabumi,”ungkapnya.

Kegiatan yang di lakukan para pedagang serta pihak keamanan dalam membersihkan sampah yang berserakan di pantai patut di contoh oleh semua pelaku wisata yang sama di tempat lain.

Selain bisa membikin pengunjung nyaman serta menjaga kelestarian pantai itu sendiri.

Reporter : R Iyan Sapta Nurdiansyah,SE mengabarkan.

Related

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending