spot_img
Friday, June 14, 2024
spot_img
HomeNasionalGolongan Si Raja Batak Parbaringin Malim Marsada Memperingati Si Paha Sada

Golongan Si Raja Batak Parbaringin Malim Marsada Memperingati Si Paha Sada

-

Kabupaten Toba,Bossnewsmedia.com – Golongan Si Raja Batak Parbaringin Malim Marsada, menggelar peringatan Si Paha Sada di Kantor Sekretariat, Jl Sabam Sirait, Pasar Baru, Desa Bius Gu Barat, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba, Kamis, 23 Maret 2023.

Sebagaimana keterangan dari pimpinan Golongan Si Raja Batak Parbaringin Malim Marsada, Sampuara Marpaung, Si Paha Sada ini merupakan peringatan Tahun Baru dalam kalender Batak.

“Kegiatan seremonial seperti ini sudah jarang kita temukan, namun Sekretariat yang ada di Toba, selalu melaksanakan kegiatan ini setiap tahun, sekaligus untuk melestarikan tradisi leluhur Batak agar tidak hilang,” sebut Sampuara Marpaung.

Dalam kesempatan seremoni Si Paha Sada, dilakukan serangkaian acara manortor bersama dengan Pemerintah Kabupaten Toba, sebagai ungkapan kegembiraan akan datangnya hari baru dan kehidupan baru.

Bupati Toba, yang diwakili oleh Staf Ahli, Darwin Sianipar, menyampaikan apresiasi kepada Golongan Si Raja Batak Parbaringin Malim Marsada, yang menyelenggarakan kegiatan ini dan sekaligus mengucapkan Selamat Tahun Baru atas nama Pemerintah Kabupaten Toba.

Turut hadir Kabag Kesra, Tanda Dongoran, Camat Parmaksian, Ronal Sirait, Kepala Desa, Bius Gu Barat, Raja Golongan Amir Marpaung, perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dan Bagian Prokopim.

Sumber : Kominfo Kab.Toba

Red Bossnews

Related

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending