spot_img
Sunday, June 16, 2024
spot_img
HomePolitikDalam Acara Bakesbangpol kabupaten Sukabumi Kaft. Inf.Maman Sulaeman Komandanramil 0622-02 Palabuhanratu Menjadi...

Dalam Acara Bakesbangpol kabupaten Sukabumi Kaft. Inf.Maman Sulaeman Komandanramil 0622-02 Palabuhanratu Menjadi Salah Satu Pemateri

-

Sukabumi Kabupaten,Bossnewsmedia.com – Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Bakesbangpol) kabupaten Sukabumi melaksanakan edukasi politik dan peningkatan etika budaya politik untuk pemilih pemula yang di ikuti oleh 60 (enam puluh) orang peserta se-tingkat SLTA sekecamatan Simpenan pada hari,Selasa 21 maret 2023 di mulai sejak pukul 08.00 WIB bertempat di bukit Sunset Hills desa Sangrawayang kecamatan Simpenan kabupaten Sukabumi.Selasa,(21/3/23).

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber yang memberikan materi kepada para peserta diantaranya dari KPU kabupaten Sukabumi,Bawaslu kabupaten Sukabumi,pemerintah kecamatan Simpenan yang diwakili oleh kasi Trantib Cecep Supriadi, SE, AKP Dadi Kapolsek Simpenan, Kapten Infantri Maman Sulaeman komandanramil 0622-02 Palabuhanratu.

Di aula gedung Sunset Hills kepada awak media Palapa news tv Reny Yuni Wardani Subkor Politik Dalam Negeri Bakesbangpol kabupaten Sukabumi mengatakan,”Kegiatan dari Bakesbangpol hari ini dalam rangka pelatihan edukasi politik buat pemilih pemula setingkat SMA yang nanti akan berpartisipasi dalam pemilu dan pilkada  tahun 2024, dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi kesadaran pemilih pemula dan untuk mencerdaskan pemilih pemula akan pentingnya pengetahuan dan partisipasi politik dan untuk mendapatkan pemahaman pentingnya partisipasi politik dalam proses Pemilu dan Pilkada 2024. Kegiatan ini Bertempat di aula gedung Bukit Sunset Hills kecamatan Simpenan

“Takutnya ada pelanggaran-pelanggaran  yang dilakukan oleh peserta-peserta pemilu nanti ditahun 2024.

“jumlah peserta dari sekolah-sekolah perwakilan di kecamatan Simpenan diperkirakan ada 60 Sampai 70 orang diperkirakan 80% undangan yang hadir, mereka yang di undang tidak hadir semuanya” jelasnya.

“Pemberi materinya ada dari Polres Sukabumi, dari kodim 0622-02, dari KPU juga Bawaslu kabupaten Sukabumi,harapan acara ini berlangsung adalah agar nanti di 2024 adanya peningkatan partisipasi pemilihnya.

“yang partisipasi pemilu di 2019 sekitar 69 persen minimal di tahun 2024 mencapai 79 %,”terangnya.

“Pesan saya buat ade-ade pelajar yang nanti akan jadi pemilih pemula, gunakanlah hak pilih ade-ade,semoga pemilu 2024 ini lancar dan peningkatan partisipasi politiknya meningkat dan para pelajar yang menjadi pemilih pemula ini mengerti akan tahapan yang ada didalam pileg,pemilu dan Pemilukada,”pungkas Reny.

Kapten Infantri Maman Sulaeman komandanramil 0622-02 Palabuhanratu,”Alhamdulillah untuk siang ini kami diberikan kesempatan untuk memberikan wawasan kebangsaan yang diminta oleh Badan kesatuan bangsa dan politik kabupaten Sukabumi dalam arti audensi kami itu untuk anak-anak sekolah menggunggah kembali bagaimana untuk mereka mengenal kembali tentang Pancasila, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika dan politik,saya mohon kepada mereka diharapkan kepada mereka agar betul-betul belajar tidak terkontaminasi dengan pergaulan bebas makanya dengan pengenalan politik semenjak dini di usia yang memang sudah 17 tahun keatas itu perlu terus diperkenalkan kepada dunia politik yang beretika,sehingga kaula muda akan senang berpolitik dan akan lebih mencintai Negara Republik Indonesia ini yang di bangun bersama-sama dengan persatuan dan kesatuan maka NKRI akan maju,pesat dan kedepannya  berkembang dan di isi oleh para kaula muda yang beretika dalam politik pungkas Kapten Infantri Maman Sulaeman.

Masih di Bukit Sunset Hills yang indah Ruhan guru SMA Albairuni di wilayah kecamatan Simpenan menyampaikan,”Bagi kami kegiatan edukasi politik dan peningkatan etika adalah kegiatan yang sangat bagus karena bisa menanamkan politik usia dini agar tidak terperangkap isu-isu hoaks yang beredar,jadi pemahaman politik semenjak dini sangat penting dikarenakan agar siswa mendapat pengetahuan tentang ilmu politik seperti hari ini,”tuturnya.

Hari ini yang ikut kegiatan ini diantaranya beberapa sekolah SMA atau SMK dan MA yang ada di kecamatan Simpenan yaitu SMA Al-bairuni,SMA 1 Simpenan,SMK Yasir, MA Nurul Hikmah dan SMK Bina Anak Bangsa yang ikut disini hampir  usia 17 tahun yang pada pemilu 2024 mendatang akan menjadi pemilih pemula di pileg,pilkada,pilpres 2024,”papar Ruhan.

“Alhamdulillah kita bisa silaturahmi dengan Kapolsek Simpenan, Danramil 0622-02,dari Bawaslu dan KPU kabupaten Sukabumi juga, terimakasih banyak telah dibimbing menjadi mengenal politik itu asyik dan tidak kejam yang kejam itu politik  yang tak beretika,”pungkasnya.

 

Reporter : R Iyan Sapta Nurdiansyah, SE

Related

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending