spot_img
Tuesday, June 25, 2024
spot_img
HomeHukumTalkshow RCL "Jaksa Menyapa" Bahas Tema Menarik Restorative Justice

Talkshow RCL “Jaksa Menyapa” Bahas Tema Menarik Restorative Justice

-

Sukabumi Kabupaten, Bossnewsmedia.com – Talkshow “Jaksa Menyapa” kembali mengudara di LPPL Citra Lestari Sukabumi. Selasa 27 Juni 2023. Kali ini mengusung tema” restorative Justice” tema menarik dan menambah wawasan khususnya tentang hukum.

Seperti diketahui, Restorative Justice atau Keadilan Restoratif saat ini mulai diadopsi dan diterapkan oleh lembaga penegak hukum di Indonesia.

Program Talkshow RCL berlangsung di Kantor Kejaksaan Negeri Cibadak dengan narasumber Dhiki Kurnia SH. Selaku Kasubsi Penuntutan, Eksekusi, dan Eksaminasi serta Mulkan Balya SH., Kasubsi EKPPS.

Dhiki Kurnia menjelaskan bahwa Restorative Justice adalah upaya untuk menyelesaikan suatu kasus pidana melalui musyawarah antara pelaku dan korban sehingga penyelesaian nya tidak dilanjut di meja pengadilan.

“Memulihkan keadaan seperti sedia kala, jadi memulihkan Kembali kerugian atau apa yang hilang dari si korban” ujarnya.

Dirinya menambahkan bahwa Restorative Jutice ini bisa di inisiatif oleh si pelaku, dengan mengikuti syarat sesuai landasan hukumnya yaitu Peraturan Kejaksaan Republik Indonesia No 15 Tahun 2020.

“Ketika inisiatif ini muncul dan korban menyetujui maka kita berusaha untuk mengajukan proses tersebut”ujarnya

Dalam kesempatan itu Mulkan Balya memaparkan ketentuan atau syarat utama dari berlakunya Restorative Justice yaitu si tersangka baru melakukan pertama kali tindak pidana, ancaman tidak lebih dari 5 tahun dan kerugian tidak melebihi 2.500.000.

“ RJ ini tujuannya untuk Musyawarah,dan salah satu penyebab lainnya adalah karena lapas sudah overload sehingga membebani pemerintah” ungkapnya

Di Kabupaten Sukabumi sudah pernah ada kasus yang di RJ, yaitu kasus kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan korban luka berat dan pelaku memberikan ganti rugi hingga korban sembuh total.

Usai acara, Pranata Humas Diskominfo Kiki Avilian menyampaikan bahwa program Jaksa Menyapa adalah salah satu program unggulan RCL,

” Masih ada talkshow dengan mengahadirkan perangkat daerah, BUMD dan unsur lainnya, bukan saja berperinsip pada keterbukaan informasi, edukasi dan layanan publik, Radio citra lestari juga menajadi media perangkat daerah menyampaikan tufoksi serta program kegiatannya sebagai wujud good governance” terangnya.

Kiki juga menambahkan, RCL bisa digunakan oleh masyarakat terkait pemberdayaan, UMKM, potensi wisata, seni budaya dan hal bermanfaat lainnya

Red

Related

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending