spot_img
Tuesday, June 25, 2024
spot_img
HomeSukabumi"Talkshow Kesehatan" RCL FM Sukabumi, Memperingati Hari Gizi Nasional

“Talkshow Kesehatan” RCL FM Sukabumi, Memperingati Hari Gizi Nasional

-

Sukabumi Kabupaten, Bossnewsmedia, – Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi menjadi narasumber Talkshow Kesehatan Bersama Radio RCL 95.7 Fm Sukabumi, Kamis, 25 Januari 2024.

Dalam Talkshow memperingati hari Gizi nasional tahun 2024 tersebut menghadirkan narasumber dr. Kholisah Nasution, MPIH., Sp.A yang merupakan dokter spesialis Anak RSUD Palabuhanratu dan Endah Reka Dewi, A.Md.Gz Ahli Madya Gizi.

Berkaitan dengan Gizi, Stunting atau Gagal tumbuh kembang pada anak merupakan salah satu penyakit yang terjadi bilamana seorang anak tidak mendapatkan nutrisi serta gizi yang cukup.

dr. Kholisah mengatakan bahwa pencegahan merupakan hal yang paling utama dalam Stunting, Dimana stunting merupakan permasalahan gizi yang kronis dan memerlukan penanganan yang kompleks, karena faktor utama dalam stunting adalah ketidak fahaman orangtua dalam memenuhi kebutuhan gizi anak terutama dalam masa masa emas tumbuh kembang anak yaitu 1000 hari pertama kehidupan.

Sementara itu, Endah Reka Dewi menyebutkan bahwa pencegahan stunting dimulai bahkan saat seorang Perempuan berusia remaja dan sebelum menjadi ibu, karena gizi seorang ibu akan berpengaruh terhadap perkembangan anaknya dimasa mendatang.

Endah menambahkan bahwa Setelah seorang ibu hamil dan melahirkan, seorang ibu harus memantau perkembangan anaknya, terutama saat anak sudah mulai mengkonsumsi MP ASI yaitu pada usia 6 bulan, pada saat itulah seorang ibu harus mulai memberikan MP ASI yang kaya akan protein, nutrisi dan gizi yang seimbang.

Diakhir kegiatan dr. Kholisah menghimbau bahwa peran orangtua dalam memantau perkembangan dan pemenuhan gizi anak merupakan sebuah keharusan. Pemberian makanan terhadap anak juga merupakan sebuah Pendidikan untuk anak, karena anak akan melakukan pembelajaran dalam hal mengenal tekstur, rasa dan kesukaan anak pada makanan.

dr. Kholisah juga mengajak orangtua untuk terus memantau pertumbuhan fisik anak-anaknya dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan para ahli seperti salah satunya melalui kegiatan Posyandu, ke dokter anak, bidan atau yang paling mudah adalah dengan melihat ciri ciri dan cara pencegahan stunting melalui internet.

 

Red

Related

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending