spot_img
Friday, June 14, 2024
spot_img
HomeSukabumiPelatihan Peserta Perahu Kertas, Wabup" Target 100 Kader Setiap Kecamatan"

Pelatihan Peserta Perahu Kertas, Wabup” Target 100 Kader Setiap Kecamatan”

-

Sukabumi Kabupaten, Bossnewsmedia.com – Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri membuka pelatihan peserta program Perempuan Hebat untuk Keluarga Berkualitas (Perahu Kertas) Kecamatan Gunungguruh di GOR PGRI setempat, Sabtu, 23 September 2023. Pelatihan tingkat kecamatan ini, diikuti sekitar 100 peserta dari tujuh desa yang ada di Gunungguruh.

H. Iyos mengatakan, Perahu Kertas merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Terutama bagi ibu – ibu agar menjadi perempuan yang hebat dan berkualitas.

“Kita ingin ibu-ibu ini memiliki kemampuan, keterampilan, berpikir kritis, dan lainnya. Di Perahu Kertas ini ada,” ujarnya.

Maka dari itu, salah satu yang dilatih berkaitan ekonomi. Sebab, keberadaan perahu kertas untuk membangun keluarga yang sejahtera.

“Pelatihan yang berkaitan peningkatan perekonomian kita lakukan di sini. Sehingga ibu-ibu bisa berkarya dan membantu meningkatkan perekonomian keluarga,” ucapnya.

Tak hanya itu saja, pasca pelatihan ini masyarakat akan terus dibina. Hal itu melibatkan dengan dinas terkait lainnya.

“Hasil dari pelatihan ini, kita data, Pantau, dan bina. Ketika usahanya sudah tebentuk, kita kerjasama bareng dinas terkait untuk pengembangnnya,” ungkapnya.

Oleh karena itu, H. Iyos menargetkan ribuan kader perahu kertas terbentuk di Kabupaten Sukabumi. Sehingga, perempuan di Kabupaten Sukabumi menjadi lebih hebat dan berkualitas.

“Target kami setiap kecamatan ada 100 kader Perahu Kertas,” bebernya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Sukabumi H. Eki Radiana Rizki menambahkan, pelatihan ini sekaligus menggali potensi yang ada di masing-masong kecamatan. Baik berupa makanan ataupun yang lainnya.

“Potensi yang ada kita olah menjadi produk yang bisa meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan para ibu-ibu,” terangnya.

Tak hanya itu saja, lewat program ini dirinya mendorong pengembangan usaha para kader Perahu Kertas. Hal itu dengan membantu perizinan usaha.

“Kita bantu perizinan semisal pembuatan NIB dan lainnya. Sebab, kita berkolaborasi dengan sejumlah dinas” jelasnya.

Berkaitan kader Perahu Kertas sendiri, menurutnya telah ada di 20 kecamatan. Di mana, setiap kecamatan ada 100 kader.

“Sejauh ini, kader Perahu Kertas sudah ada di 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi. Kader yang ada ini, diharapkan bisa menularkan kembali ilmunya kepada yang lain,” pungkasnya.

Red

Related

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending