spot_img
Sunday, June 16, 2024
spot_img
HomeSukabumiDorong UMKM, Bupati Ajak Pelaku Usaha Manfaatkan Kemajuan Teknologi Informasi

Dorong UMKM, Bupati Ajak Pelaku Usaha Manfaatkan Kemajuan Teknologi Informasi

-

Sukabumi Kabupaten, Bossnewsmedia.com – Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengajak para pelaku UMKM untuk memanfaatkan kemudahan teknologi saat ini. Hal itu untuk memudahkan pemasaran dan meningkatkan potensi keuntungan para pelaku UMKM di Kabupaten Sukabumi.

“Kecanggihan teknologi serta kemudahan akses internet ini, manfaatkanlah sebaik mungkin agar UMKM di Kabupaten Sukabumi ini naik level,” ujarnya saat meluncurkan Toko Online Kabupaten Sukabumi (Toko Kami) sekaligus diseminasi program Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (PLUT KUMKM) di Hotel Pangrango,Kamis, 13 Juli 2023.

Peluncuran Toko Kami pun menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mendorong UMKM semakin maju. Maka dari itu, H. Marwan mengajak para pelaku UMKM untuk memanfaatkannya.

“Lewat peluncuran ini, kami mencoba memberikan ruang bagi pelaku UMKM untuk memanfaatkan jaringan dan memerluaskan pemasaran secara digital,” ucapnya.

Tak hanya itu saja, Kabupaten Sukabumi memiliki sumber daya alam yang melimpah. Keberlimpahan sumber daya alam tersebut, dapat diolah dan dijadikan produk oleh pelaku UMKM.

“Manfaatkan anugerah dari Allah SWT ini oleh pelaku UMKM untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Apalagi, UMKM merupakan ujung tombak di Kabupaten Sukabumi. Kami akan terus support demi masyarakat Sukabumi yang maju dan sejahtera lahir batin,” ucapnya

Namun, H. Marwan berpesan agar para pelaku UMKM ini menjual produk sebaik mungkin. Hal ini dengan memperhatikan kemasan, hingga kualitas produk itu sendiri. Apalagi, ketika menjual via daring yang konsumennya bisa dari berbagai daerah hingga dunia.

“Tolong perhatian kemasan dan kualitas produk. Jangan sampai yang dipajang di toko daring itu, rasanya tak sesuai ekspektasi konsumen,” ungkapnya.

Berkaitan hal tersebut, pelaku UMKM bisa memanfaatkan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (PLUT KUMKM) yang berlokasi di Kecamatan Cikembar.

“Kawasan ini kita manfaatkan secara utuh untuk menjawab harapan para pelaku UMKM,” bebernya.

Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Yulius mengapresiasi peluncuran Toko Kami dan diseminasi program PLUT KUMKM. Menurutnya, hal yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sukabumi sejalan dengan kebijakan pusat.

“Program ini sejalan dengan kita. Terutama mengenai pemanfaatan teknologi dan perluasan pasar,” terangnya.

Berkaitan hal tersebut, dirinya mengajak pelaku UMKM untuk mengoptimalkam platform digital. Hal itu demi menjangkau konsumen yang lebih luas.

“Mari kita majukan UMKM di Kabupaten Sukabumi. Sehingga,UMKM bisa bergeliat dan naik kelas,” ajaknya.

Plh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jabar Tatang Suryana menambahkan, perkembangan digital sangat berdampak besar terhadap pelaku UMKM. Terutama dari sisi perolehan keuntungan.

“Penjualan digital samgat besar dampaknya terhadap keuntungan para pelaku UMKM. Sebab, market mereka lebih luas jika dibandingkam offline. Semoga Toko Kami pun bisa berdampak besar terhadap pelaku UMKM,” harapnya.

Apalagi, ditambah keberadaan PLUT KUMKM yang bisa dijadikan tulang punggung UMKM. Sebab, tempat tersebut menjadi fasilitas esensial yang mendukung pertumbuhan dan pengembangan UMKM.

“Kami benar-benar mengapresiasi Kabupaten Sukabumi terkait memajukan UMKM,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, H. Marwan menyaksikan penandatangan MoU antara PT. Pos Indonesia dan Dinas KUKM Kabupaten Sukabumi. Kegiatan diakhiri dengan peninjauan stand produk UMKM ungggulan Kabupaten Sukabumi.
Red

Related

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending