spot_img
Friday, June 14, 2024
spot_img
HomeSukabumiDinas Perikanan Kab.Sukabumi Menjadi Orang Tua Asuh Untuk 5 Anak Stunting ...

Dinas Perikanan Kab.Sukabumi Menjadi Orang Tua Asuh Untuk 5 Anak Stunting di Kec.Bojonggenteng

-

Sukabumi Kabupaten,Bossnewsmedia.com – Dalam rangka pencegahan dan penurunan pervalensi angka stunting di Kabupaten Sukabumi,  Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi melaksanakan program Gerakan Orang Tua Asuh Anak Stunting yang merupakan salah satu program yang digagas oleh Wakil Bupati Sukabumi sebagai Ketua TPPS Kabupaten Sukabumi. Sesuai dengan SK Bupati Sukabumi Nomor KS.00/Kep.199-Dinkes/2023 tentang Pembentukan Tim Pembina Percepatan Penurunan Stunting, Dinas Perikanan menjadi Tim Pembina untuk wilayah Kecamatan Bojonggenteng.

Selasa,(5/9/23).

Pelaksanaan program orang tua asuh dilaksanakan pada hari Selasa, 05 September 2023, bertempat di Aula Kecamatan Bojonggenteng. Dalam kesempatan ini Dinas Perikanan menjadi orangtua asuh untuk 5 orang anak stunting di Kecamatan Bojenggenteng. 5 anak stunting ini akan menjadi anak asuh dari Kepala Dinas Perikanan, Sekretaris Dinas Perikanan dan 3 Kepala Bidang di Dinas Perikanan. Untuk diketahui program orang tua asuh anak stunting merupakan gerakan gotong royong seluruh pemangku kepentingan dalam mempercepat penurunan angka stunting yang menyasar langsung kepada anak stunting. Program ini bertujuan untuk membantu keluarga yang memang membutuhkan penanganan kesehatan anak yang menderita stunting atas dasar rasa peduli dan tanggung jawab para pejabat di lingkup Dinas Perikanan.

Dalam kegiatan ini, Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi memberikan biaya untuk penyediaan makanan bergizi seimbang kepada 5 orang anak asuh di Kecamatan Bojonggenteng selama sebulan. Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 bulan kedepan. Selain itu, Dinas Perikanan memberikan edukasi kepada para orang tua agar menerapkan pola makan dan hidup sehat serta mengajak agar gemar mengkonsumsi ikan. Ikan memiliki kandungan gizi yang lebih unggul dibanding sumber protein hewani lainnya, dengan mengkonsumsi ikan terbukti bermanfaat untuk mencegah stunting pada anak, karena kandungannya yang baik bagi pertumbuhan anak. Selain itu Kepala Dinas Perikanan mengharapkan adanya evaluasi dari status gizi 5 anak asuh tersebut berupa progres kenaikan berat badan dan tinggi badan dari anak asuh tersebut.

Kepala Dinas Perikanan Kab.Sukabumi Nunung Nurhayati,S.Sos,KP.M.Si menyampaikan

” Dengan terselenggaranya program orang tua asuh untuk anak stunting diharapkan anak-anak stunting dapat memperoleh perhatian dari orang tua asuh guna meningkatkan gizi sehingga dapat lebih sehat dan terbebas dari stunting. Tujuannya adalah tercapainya penurunan angka stunting sehingga kab sukabumi khususnya kecamatan bojonggenteng sebagai wilayah binaan Dinas Perikanan dapat mencapai zero stunting ” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Bojonggenteng,Kepala Dinas Perikanan,Kepala Puskesmas Bojonggenteng,Kepala UPTD Dalduk Bojonggenteng,Bidan Koordinator wil Bojonggenteng dan Kepala Desa se-Kecamatan Bojonggenteng.

Red

Related

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending