spot_img
Friday, June 14, 2024
spot_img
HomeSukabumiDesiminasi Budidaya Ikan,Kadis Perikanan Nunung : Dapat Meningkatkan Produksi Perikanan Sekaligus Kesejahteraan...

Desiminasi Budidaya Ikan,Kadis Perikanan Nunung : Dapat Meningkatkan Produksi Perikanan Sekaligus Kesejahteraan Para Pembudidaya Ikan

-

Sukabumi Kabupaten,Bossnewsmedia.com – Desiminasi budidaya ikan dilaksanakan dalam rangka sosialisasi kegiatan perikanan khususnya perikanan budidaya untuk Masyarakat. Kegiatan Sosialisasi tersebut digelar tepatnya di Kp.Andongkoneng RT 32 / 08 desa Cikahuripan kec.Kadudampit dan di Kp.Caringin Desa Caringin Kecamatan Gegerbitung Kab.Sukabumi Jawa Barat.

Senin,(14/8/23).

Kegiatan Desiminasi Budidaya Ikan tersebut di laksanakan di dua lokasi yaitu Lokasi pertama di Yayasan Assathibiyyah Kp. Andongkoneng Rt.32/08 desa Cikahuripan Kec.Kadudampit dano lokasi ke 2 di Kp.Caringin RT 21 RW 06 Desa Caringin Kec.Gegerbitung.

Dalam kesempatan tersebut hadir kepala Dinas Perikanan, Kepala Bidang Pengelolaan Perikanan Budidaya dan Subkoor Pemberdayaan Pembudidaya Ikan.

Kepala Dinas Perikanan Kab.Sukabumi Nunung Nurhayati,S.Sos,KP,M.Si, menyampaikan kepada Bossnewsmedia

” Sukabumi memiliki potensi perikanan budidaya yang sangat besar tersebar di 47 kecamatan. Banyak program dan kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan produksi perikanan dan juga menunjang dalam pengendalian stunting ” tandasnya.

Salah satu program yang digagas oleh Kepala Dinas Perikanan adalah Program IMAH ( Ikan Masuk Rumah). Program ini mengusung konsep peningkatan produksi perikanan dlam lingkup yang lebih kecil yaitu keluarga.

Menurut Nunung ” Dengan Program IMAH setiap keluarga memungkinkan untuk dapat memelihara ikan dalam tempat yang terbatas misalnya dengan media kolam terpal, budidaya ikan dalam ember ( BUDIKDAMBER) dan pemanfaatan lahan pekarangan untuk budidaya ikan dengan media lainnya. Selain itu setiap keluarga juga dilatih untuk bisa mengolah bahan baku ikan menjadi berbagai macam olahan yang memiliki nilai ekonomis lebih misalnya baso ikan, nuget ikan, siomay dan lain-lain ” tuturnya.

Dalam hal pelestarian alam terdapat juga program restocking atau pelepasliaran ikan di periaran darat untuk meningkatkan sumber daya ikan dan menjaga kelestarian berbagai jenis ikan terutama ikan asli periaran darat.

Di bidang perikanan buididaya terdapat berbagai program yang dapat diakses oleh Masyarakat seperti fasilitasi sarana budidaya ikan, peningkatan kapasitas, akses perlindungan pembudidaya ikan melalui kegiatan SEHATKAN (Sertfikias Hak Atas Tanah Pembudidaya Ikan), asuransi perikanan, fasilitasi permodalan melalui LPMUKP, pendampingan pembuatan NIB dan lain sebagainya.

Pada kesempatan tersebut turut juga diserahkan bantuan benih ikan nila dan pakan oleh Kepala Dinas Perikanan kab.Sukabumi untuk 50 orang pembudidaya ikan di lokasi tersebut.

Nunung berharap ” Semua kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan produksi perikanan sekaligus kesejahteraan terutama para pembudidaya ikan ” tutupnya

Red

Related

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending